Minggu, 14 November 2010

Letusan Dasyat tersebut ???





topik yang akan kita bicarakan kali ini dalah seputar merapi.....,  mari kita sedikit berduka cita atas korban2 letusan gunung ter-aktif di dunia yaitu Gunung Merapi. letusannya sudah mencapai ratusan jiwa, dan belum terhitung yang terpendam dalam material2 yang keluar dari gunung merapi.

Dan perlulah kita salurkan bela sungkawa kepada para pengungsi yang sedang berjuang mempertahankan masa depan !!

letusan itu berawal pada tanggal 26 oktober 2010, dan awal letusan itu mirip sekali dengan letusan 2006 yang lalu, tetapi letusan itu tidak berlangsung sementara, letusan itu terus bergejolak hingga sekarang ( 14/11/10 ). saat tanggal 26 lalu, beberapa hari sebelum letusan sebenarnya merapi telah di ubah statusnya dari Waspada menjadi Awas, dan saat tanggal 26 ternyata benar Merapi meletus...

6 hari kemudian merapi meletus lagi dengan letusan terdasyat yang mana letusan itu membuat awan panas yang sangat pekat berwarna hitam menuruni lereng merapi hingga radius sekitar 6 kilometer !!! tidak di sangka-sangka letusan itu pula mengahiri tugas sang Penjaga Merapi yaitu Mbah Maridjan !!!

letusan terbesar tersebut sudah di perkirakan melebihi letusan tahun 1930 lalu.... dan letusan itu mencapai ketinggian sekitar 3,5 Km. yang menyebabkan radius 6 km dari puncak gunung Merapi habis di lahap awan panas !!! dan tepatnya pada pukul 10.00 pagi , dan semua itu tidak di sangka2, karna pada saat paginya sekitar jam 7-an, Gunung Merapi masih terlihat dalam keadaan yang sangat indah untuk di pandang. berikut gambarnya dilihat dari SMA 2 Ngaglik Sleman yang  berlatar gunung Merapi yang sangat indah untuk di pandang.



sangat jelas dan tidak di duga bila ingin meletus kembali !!! dan saat semua anak sedang mengikuti pelajaran di dalam kelas, kebetulan seorang anak dari SMA tersebut ada yang melihat gunung Merapi meltus kembali, dan letusan ini sangat besar dan itu terlihat sangat jelas dari tempat itu dan menyebabkan kepanikan bagi anak2 sekolah tersebut. berikut gambarnya yang di ambil dari salah satu anak SMA yang sedang memperhatikan letusan tersebut, dan ada pula video kepanikan anak2 SMA 2 ngaglik !!!



berikut gambar-gambar yang lain...





Video Letusan Merapi 1 November 2010


gambar-gambar tersebut di ambil pada tanggal 1 november 2010. terlihat anak-anak SMA 2 Ngaglik panik dan segera pulang, karna di beritakan pula oleh kepala sekolah untuk segera pulang !!!

Kejadian tersebut bukan kejadian berakhir sampai hari itu, gunung merapi terus mengeluarkan asap Sulfatara yang tidk habis2nya !!! dan bahkan juga terjadi lagi letusan yang besar, dan bahkan letusan besar itu adalah letusan terlama selama sejarah. 
dan saat letusan itu warga2 penghuni lereng Merapi sudah tidak ada harapan untuk tinggal di tempat tinggalnya lagi, ternak2 harus mereka tinggalkan, tempat tinggal nya pula, dan dari semua itu hanya tinggal kepasrahan, dan tawakal kepada tuhan Yang Maha Esa...  daerah yang di terjang awan panas saat itu sudah mencapai jarak yang sangat jauh !!!

Abu vulkanik kembali menyelimuti dan itu sangat mengganggu kegiatan warga sehari-harinya, karna hujan abu mengguyur Sleman, maka terpaksa pihak PLN harus mematikan segala penyeluran listrik agar tidak terjadi keonsleting dan itu dapat menimbulkan masalah yang lebih besar lagi.





 warga2 mengungsi di rumah2 warga, di posko pengungsian, dan bahkan sampai di stadiun besar Maguwoharjo, dan pangungsi tersebut terus bertambah dan sudah mencapai 33.000 pengungsi !!! 



kita harus sangat-sanagt berterimakasih kepada Tuhan YME. karna kita masih di beri keselamatan, dan kesehatan... mari kita intip sedikit bagaimana suasana di pengungsian, kita harus menyedari betapa sayangnya Allah kepada kita !!! 

semoga posting kali ini dapat berguna dan menjadikan kita tambah bersyukur atas ni'mat Allah yang di berikan kepada kita semua !!!

gambar letusan-letusan gunung merapi yang terus mengeluarkan asap Sulfataranya.












Salam Blogger Indonesia.

2 komentar:

  1. seharusnya kita manusia kembali bertaubat karena semua bencana ini adalah cobaan buat kita karena kita sendiri lalai dari perintah Tuhan kita.

    Rahman, apakah anda anak SMA 2 ngaglik?

    BalasHapus
  2. yap,,,
    eh, bener tuhh... kita semua lupa dengan apa yang di berikan oleh Allah yg berupa kesehatan, rizki, harta, dll...
    dan begitu Allah mengambilnya dari kita ,.... apa yang bisa kita perbuat ???

    BalasHapus