Selasa, 12 Oktober 2010

Mengenal Galaksi di Alam Semesta Ini.

Dalam Antaraiksa terdapat ribuan galaksi-galaksi lain yang merupakan kepulauan bintang. dansalah satunya yaitu jalan susu, atau Kali Serayu, atau Bima Sakti. susunan atau isi jagat raya ini adalah kabut-kabut ekstra Galaksi, sedang bintang-bintang atau langit hanyalah kelompok dari kabut ini.
kalian tau atau nggak, bahwa ternnyata menurut penelitian jarak antara sebuah galaksi dengan galaksi lain yaitu rata-rata lebih dari 1000.000 tahun cahaya. Galaksi adalah kumpulan bintang, planet, gas , debu nebula dan benda langit lainnya,......
keberadaan gaksi dapat di deteksi dengan teleskop. Teleskop yang kuat mampu mendeteksi kurang lebih 1000 juta galaksi, dengan ukuran dari tepi ke tepi mulai dari 1000 tc - 10 juta tc ( tc = tahun cahaya ). Satu tahun cahaya kurang lebih 10.000.000.000.000 km 10.000 Milyar km,.,.

kalian tau gag, bahwa galaksi itu ternyaata ada jenisnya,.. wuuiihh,, keren banget nihh....


1. Galaksi Spiral .

Galaksi spiral mempunyai roda-rodo Chaterina dengan lengan-lengan berbentuk spiral yang keluar dari pusat yang terang . ( jumlahnya kira-kira 60 % dari semua galaksi yang ditemukan )

2. Galaksi Spiral Berpalang.


Galaksi Spiral Berpalang ,Lengan-lengan galaksi ini keluar dari ujung suatu pusat , yang kira-kira 18 % dari jumlah galaksi merupakan spiral-spiral atau spiral yang terpotong.

3. Galaksi Elips.



Galaksi ini berbentuk Elips, dari mulai yang berbentuk seperti bola kaki hingga yang berbentuk sangat lonjong seperti bola Rugby, ( jumlahnya kira-kira terdapat 18 % )

4. Galaksi Tak Beraturan.


Kira-kira 4% dari jumlah galaksi yang ditemukan memiliki bentuk tak beraturan atau tidak memiliki bentuk.


WIiihh,.... baguskann,, waww, aku aja juga baru liat tu gambar....
ehm, galaksi tu punya ciri-ciri :

1. Galaksi tu ternyata memancarkan cahayanya sendiri.
2. Jaraknya antara satu galaksi dengan galaksi lainnya adalah jutaan tahun cahaya.
3. Galaksi lainnya dapat terlihat di luar Galaksi BimaSakti.
4. Galaksi mempunyai bentuk-bentuk tertentu yaitu spiral, spiral berpalang, elips, dan tak beraturan pula...

Ini dia macam-macam Galksi yang sudah di ketahui oleh manusia dengan penelitian2 panjang :



Galaksi Bima Sakti ( Milky Way )



Galaksi Magellan



Galaksi Ursa Mayor



Galaksi Jauh


OK,, itulah sedikit artikel dari saya,, meskipun hanya sedikit,,,, setidaknyakan bisa bermanfaat...yaa minimal buat pengetahuan aja lahh,.. hhihiii
sebenernya sumbernya, aku dapat inspirasi dari buku SMA kelas 10, krna aku lagi mempelajari BAB tentang " Jagat Raya", nahh,,,,, kesempatan untuk posting deh, dan itung-itung sambil belajarlahh!! hehe 

Semoga Bermanfaat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar