Minggu, 24 Oktober 2010

Pengembangan diri !!!


hai sobat.... kali ini aku mau share sedikit tentang pengembangan diri. Kenapa aku kok nulis posting kayak ginian, karna ak dulu pernah merasakan apa yang dinamakan kecewa. 1 kata yang terdiri dari 6 huruf dengan kombinasi vokal dan konsonan kcw & eea , dapat merubah hidupku dari jurang kemalasan. tetapi perubahan itu tidak berlangsung secara cepat, dia mempunyai proses sendirinya.
sorry ya.. sebelumnya aku punya cerita. Cerita yang mau aku ceritain ini aku ambil dari guru Sejarah ku di sekolah!!! begini ceritanya...
***Pada suatu hari***
hiduplah sepasang suami istri, dan mereka menghidupi keluarganya hanya dengan pekerjaan seorang penjual tempe keliling ( istri )dan seorang petani ( suami ). Mereka menjalani hidup dengan serba sederhana, dilihat dari rumah yaitu dia memiliki rumah yang terbuat dari susunan kayu yang mungkin rubuh saat di terpa hembusan angin, dan istrinya yang sebagai penjual tempe menjual dagangan tempenya mulai dari 06.00 hingga seluruh dagangannya habis,,, begitu pula suaminya, dia menggendong sebuah cangkul mulai dari pagi hingga sore serta membawa tetes peluh yang menyelimutinya.Mereka mempunyai 4 orang anak, dan tidak di sangka anaknya ini adalah anak2 yang hebat!!! mereka semua di terima di universitas terbaik se-DIY tanpa membanyar ( beasiswa ).wah, sunguh mengagumkan.saat itu datang seseorang yang sedang melakukan penelitian di desa itu. dan kebetulan giliran rumah suami istri tersebut."pak saya ingin bertanya !!! " kata si peneliti."silahkan saja ... " sahut sang bapak."ehm, berapa jumlah semua keluarga di rumah ini pak?"" ada 6, saya beserta istri saya, dan juga dengan 4 orang anak saya !!! "setelah di data-data, mereka mendapati anak2 bapak ini mempunyai bakat2 yang sangat patut di kagum, dan setelah berbincang-bincang agak lamanya... para peneliti mendapati apa rahasia pendidikan anak2nya agar cepat mandiri dan cerdas. dan jawab bapak itu adalah :" saya hanya menanyakan satu pertanyaan kepada anak2 saya, dan itu saya lakukan sejak mereka berusia 5 tahun ( masih TK ). saya bertanya kepada anak2 saya sehabis anak2 saya pulang sekolah. Nak apa yang di ajarkan bu guru/pak guru kepada kalian, bapak  mau tau !!!."
Ternyata dari cerita itu kita dapat kesimpulan bahwa bapak itu telah mengajarkan kemandirian dan ketekunan belajar kepada anaknya sejak dini. tidak di sangka hasilnnya sangat memuaskan.

Otak kanan dan otak kiri. otak kiri mempunyai peranan dengan logika, angka, tulisan, kecerdasan, hitungan, analisa, tetapi otak kiri hanya untuk ingatan jangka pendek (short term memory) dan otak kanan mempunyai peranan dengan kreativitas, imajinasi, musik, warna, bentuk, emosi dan untuk ingatan jangka panjang (long term memory).
kedua otak ini memiliki peranan sendiri-sendiri. Otak kanan dan otak kiri harus di gunakan secara seimbang agar tidak timbul adanya stress akibat tekanan.
kebanyakan orang memakai otak kiri sebanyak 80% dan otak kanan hanya 20%. dan inilah yang membuat kita kadang-kadang stress. untuk mengecek otak mana yang mungkin kita gunakan caranya gampang, yaitu dengan merentangkan tangan mu lalu seperti tepuk tangan tapi seluruh jai tangan kanan mu masuk ke sela2 jari tangan kirimu lau genggamlah dan sebaliknya!!! lalu lihat, apakah jari jempolmu yang kanan/kiri berada di atas ? bila jari jempol kiri yang berada di atas maka kamu memakai sebagian otak kanan kamu utk berfikir dan sebaliknya. coba kamu perhatikan gambar di bawah ini.



maka, cobalah berfikir menggunakan dengan otak kanan. tahukah kamu kata2 ini :
" seluruh orang yang menggunakan otak kanannya maka dia akan sukses "
itu maksutnya begini, orang yang menggunakan hampir seluruhnya di bebankan kepada otak kiri, maka orang itu akan menjalani hidupnya dengan berat, karna otak kiri selalu akan bekerja keras. sebaliknya bila pemakaian otak dengan otak kanan, maka seiring dengan pengembangan dengan otak kanan maka otak kiri juga akan berkembang. di situlah kelebihannya otak kanan.

OK, thanks dah mau baca posting ku, moga bermanfaat yaa,.. hehe
" jangan kau menjadi sebatang kayu yang terombang-ambingkan oleh ombak tetapi, jadilah badai yang menguasai lautan ." 
Salam Blogger Indonesia.
source by : Info kesehatan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar